Get me outta here!

Minggu, 13 Februari 2011

Kurva S



Grafik rencana di atas menunjukkan perbandingan antara jumlah hari dan jumlah bobot pekerjaan yang telah diselesaikan. Proyek membutuhkan total waktu sebanyak 16 minggu untuk menyelesaikan proyek dan biaya total sebear Rp. 363.379.840,89. Secara umum grafik terlihat linier, yaitu penambahan bobot pekerjaan yang dilakukan setiap minggu tetap. Sehingga pengerjaan proyek dilakukan tidak secara cepat di awal ataupun cepat di akhir.
Sedangkan pada grafik aktual, terlihat grafik membentuk huruf S, yang berarti pengerjaan proyek dilakukan secara cepat pada awal waktu. Walaupun pada akhirnya secara aktual proyek juga akan selesai pada minggu ke 16.
Berdasar perbandingan antara grafik rencana dan grafik aktual proyek, terlihat bahwa waktu dimulainya dan waktu selesainya pengerjaan proyek antara rencana dan aktual sudah sesuai. Namun, terlihat bahwa grafik aktual untuk awal-awal pengerjaan proyek lebih tinggi jika dibandingkan dengan grafik rencana. Hal ini menunjukkan pengerjaan aktual proyek dilakukan secara cepat di awal dan akan menjadi lambat di akhir, dengan waktu mulai dan waktu selesainya proyek sama dengan pada saat perencanaan. Keuntungan dari pengerjaan proyek dengan cara seperti ini yaitu apabila pengerjaan proyek dibiayai dengan pinjaman dari bank, maka semakin cepat proyek dapat diselesaikan, pinjaman biaya dari bank dapat segera dikembalikan, sehingga dapat meminimalkan bunga.

0 komentar: