Get me outta here!

Jumat, 15 April 2016

Review Gedung Resepsi Pernikahan di Semarang

Halo!
Saya mau sharing hasil survei ke beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai alternatif tempat resepsi pernikahan di Semarang. Berhubung cuma survei ke tempat yang deket-deket aja, beberapa venue yang direview cuma venue yang berlokasi di Semarang atas.

  1. Gedung Karina
Lokasi :  Jl. Jati Raya No.51, Padangsari, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah

Katanya gedung ini dulu bekas bioskop, jadi interiornya masih ada bekas lorong-lorong kayak di bioskop gitu. Letaknya agak masuk sih, nggak di pinggir jalan raya besar..dan di sekitarnya banyak kompleks perumahan.
Saya datang ke lokasi sekitar pukul 10, tapi ternyata gedung masih dalam keadaan tertutup rapat bahkan gerbangnya masih dikunciin -___- Akhirnya ibu memutuskan telpon contact personnya aja, nomornya udah tertera di papan nama gedung. Ternyata bapak yang jaga gedung baru standby sore dong. Pffft. Yaudah akhirnya nanya-nanya by phone aja.

Harga sewa : Rp. 5.000.000 untuk siang dan malam tarif sama
Fasilitas : AC, kursi sebanyak 40 buah, parkir dalam lingkungan gedung (nggak nanya banyak soalnya cuma by phone)

nemu foto seadanya dari internet
Karena gedungnya nggak terlalu besar dan lokasinya yang agak masuk, saya pikir sewanya paling sekitar 2-3juta saja, tapi ternyata salah. Hahaha. Daaan kelupaan nanya kapasitas gedung. Tapi sayangnya parkirnya sempit..kalo kurang lahan parkir tamu harus parkir di pinggir jalan, dan biasanya bakal ada tukang parkir dadakan. Jadi tamu-tamunya harus bayar parkir segala.

  1. Balai Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah (Gedung Pertemuan Sasana Widya Praja)
Lokasi : JL. Setiabudi, No. 201 A, Semarang

Ini gedung kayaknya jadi favorit untuk tempat resepsi di Semarang atas. Nggak cuma buat mereka yang rumahnya di atas aja, bahkan katanya yang rumahnya Ngaliyan sampai Genuk juga cari gedung di sini.
Seringnya gedung ini full booked kalo kita nggak pesen jauh-jauh hari. Kata bapak yang jaga, bulan Agustus tahun depan pun udah ada yang booking -_____- Untuk amannya, mungkin sekitar setahun sebelum hari H harus udah mulai survei-survei venue kali ya. Kelebihannya di sini kita bisa lihat jadwal gedung yang udah dibooking secara online lewat infosewa.diklatjateng.info. Jadi sebelum ke sini paling nggak udah ada gambaran jadwal gedung kosong kapan aja. Kelebihan lainnya adalah kita nggak perlu pake dp untuk booking gedung. Hmm..tapi ya jadinya memungkinkan orang jadi asal booking atau cancel jadwal tapi nggak ngabarin (curhat bapaknya yang jaga).

Harga sewa : Rp. 6.500.000 siang, Rp. 7.000.000 malam
Fasilitas : kapasitas 800 orang, full AC (central dan portable), listrik 30rb watt, gensetkursi lipat 100 buah, sound system standard, VIP room untuk ruang ganti, parkir luas, toilet, keamanan

Gedungnya cukup luas, panggungnya juga besar, interior dan eksteriornya bagus, parkirnya juga lumayan luas. Ruang ganti yang disediakan juga cukup luas, sudah dilengkapi toilet juga. Lokasinya nggak pinggir jalan besar persis sih, agak masuk dikit dari jalan besar. Tapi di jalan masuknya udah ada tulisan Balai Diklat Srondol. Yang agak beda dari gedung-gedung lain mungkin di letak panggungnya ya..jadi panggungnya itu letaknya di sebelah kanan pintu utama. Kalo yang biasanya kan dari pintu utama kita tinggal lurus aja buat ke panggungnya. Jadi denahnya gini.
kesannya masuknya kayak dari samping
Di dalam gedung juga disediakan LCD projector, tapi kena charge 200rb untuk setiap titik pemakaian. Ada seperangkat gamelan juga di pojokan, kayaknya kalo mau pake kena charge juga. Jadi dengan harga sewa segitu dibandingkan sama lainnya sejauh yang saya tahu,  yang ini lebih worthed sih.

tampak samping

panggung yg di pojokannya ada gamelan

tampak dalam (1)

tampak dalam (2)

tampak dalam (3)

VIP room untuk transit

bagian teras

  1. Pondok  Serrata Semarang
Lokasi : Jalan Setia Budi No. 108, Semarang

Pondok serrata ini hotel dan resto yang lokasinya ada di pinggir jalan raya utama dan sering dipake buat acara pertemuan, seminar atau resepsi pernikahan. Hall yang dipakai untuk acara resepsi saya pikir cuma berkapasitas kecil, ternyata kata mbak marketingnya kapasitasnya sekitar 300-1200 orang, jadi untuk sekitar 150-600 undangan. Kalo undangan kurang dari 150 maka akan dikenakan charge. Untuk acara resepsi, selain pakai hall utama, nanti bisa sampai pakai bagian outdoornya yang dekat kolam renang. Dan setelah dilihat-lihat hall serrata kelihatan kecil mungkin karena ceiling hallnya yang rendah, terus banyak tiang-tiang gitu di dalam ruangan, ditambah lagi pas saya survei ada banyak meja kursi di situ jadi ruangannya kelihatan sempit.
Kelebihannya di sini adalah free sewa tempat dan kayak udah ada WOnya dari Serrata, karena dari sana yang mengontrol jalannya acara. Parkirnya juga lumayan kayaknya, karena ada di bagian depan dan belakang. Sayangnya, karena free tempat kita diharuskan buat ambil catering dari sana dengan harga buffet yang lumayan mahal menurut saya, harga buffetnya minimal Rp. 50.000/pax. Padahal banyak catering yang lebih murah dan dengan rasa lumayan. Hahaha. Selain itu panggungnya terlalu kecil menurut saya.

Biaya sewa : free: tapi harus ambil catering dari Serrata (buffet min. Rp. 50rb/pax, pondokan started from Rp. 10rb), additional charge hiburan, setting ruang, kemanan Rp. 3.500.000
Fasilitas : gedung dan ac, free 1 kamar deluxe double selama satu malam, peralatan seperti meja, kursi, taplak, pita, listrik untuk video shooting (tidak termasuk video shooting), test food utk 6 orang.

Kalo untuk acara yang nggak terlalu banyak tamu dan intimate gitu, cocok sih menurut saya. Tapi kalo tamu agak banyak dan budget minimal yaaaah..Hahaha
pilarnya nutupinnya lumayan -_-

panggungnya lumayan kecil

tampak dalam

tampak dalam (2)

bagian samping hall dekat kolam renang

0 komentar: