Get me outta here!

Sabtu, 02 April 2011

Praktikum Perancangan Teknik Industri



Tidak terasa praktikum PTI yang saya jalani bersama teman-teman seangkatan sudah memasuki modul 6 di semester 6 ini. 5 modul sebelumnya alhamdulillah sudah terselesaikan pada semester sebelumnya.

Praktikum modul 6 ini yaitu Perancangan Lantai Produksi dilakukan di Laboratorium Sistem Produksi. Pada praktikum modul 6 ini masih berlaku sistem shift, shift saya yaitu shift 4 terdiri dari 4 kelompok, yaitu kelompok 23, kelompok 17, kelompok 22, dan kelompok 20. Perancangan lantai produksi ini dilakukan dengan menerapkan konsep keseimbangan lintasan (line of balancing) yang bertujuan agar tercipta kapasitas optimal yaitu di mana tidak terjadi penghamburan kapasitas, operasi-operasi kerja pada masing-masing stasiun kerja memiliki nilai yang sama yang diukur melalui waktu. Dengan begitu akan terjadi peningkatan efisiensi dan produktivitas, serta dapat meminimalkan terjadinya bottle neck dan idle time (operator menganggur).

Sebelum praktikum, kami melakukan perancangan stasiun kerja dengan menerapkan metode-metode yang ada dalam keseimbangan lintasan, seperti Largest Candidate Rule, Ranked Position Weight, Modie Young, dan Region Approach. Dari semua perancangan stasiun kerja dengan menggunakan metode-metode tersebut dipilih rancangan stasiun kerja logis dengan efisiensi lintasan terbesar dan Smooth Index kecil. Akhirnya untuk shift kami terpilih rancangan stasiun kerja metode RPW dengan 18 stasiun kerja, yang kemudian akan disimulasikan untuk praktikum pada Minggu, 20 Maret 2011.

Running praktikum modul 6 ini hampir sama dengan modul 4 pada saat di lab PSKE. Setiap stasiun kerja terdiri dari beberapa operasi yang dikerjakan oleh seorang operator, dengan peraturan-peraturan yang harus ditaati. Setiap proses operasi yang dilakukan direkam oleh webcam, untuk nantinya dibuat moving cardnya. Praktikum dimulai pada pukul 10.00 WIB dan seperti biasa diawali oleh pretes. Dan jeng jeng running praktikum baru selesai sekitar pukul 12.30 WIB, karena running yang sebenarnya baru dimulai sekitar pukul 11.30 WIB dikarenakan banyak kesalahan yang kami lakukan pada awal T.T. No problemoolah,akhirnya berhasil juga shift kami melalui running praktikum modul 6 ini. Semangat shift 4 forever together untuk 4 modul selanjutnya :D

*sayangnya mau upload video ga bisaconfused

0 komentar: